Kebangkitan
Kristus,
Kemenangan atas kematian
Uskup Alexander (Mileant).
Diterjemahkan oleh Dandolo Olga
--------------------------------------------------------------------------------
Isi: Pendahuluan . Kebangkitan Kristus . Hubungan antara Paskah Yahudi (dahulu Perjanjian) dan Kristen Paskah (uji baru kemudian) . Nubuat tentang kematian dan kebangkitan Mesias . Buah dari kebangkitan Kristus . Misa Paskah . Canon Paskah .
Tambahan : Paskah di Yerusalem . Pascal Khotbah John Chrysostom St . Catatan Catatan . Paskah di Rusia . Uskup Aleksander Pascal Pastoral .
--------------------------------------------------------------------------------
Pengantar
Kebangkitan Kristus - dasar iman kita. Ini adalah kebenaran, pertama yang lebih besar yang paling penting. Dengan proklamasi Kebangkitan Yesus Kristus, para Rasul mulai khotbah-khotbah mereka. Seperti halnya dengan kematian Kristus di kayu Salib dibuat pemurnian bagi dosa-dosa kita, kebangkitan-Nya juga diberikan kepada kita hidup yang kekal. Itu sebabnya orang-orang beriman kepada kebangkitan Kristus adalah sumber sukacita konstan, sukacita konstan, mencapai puncaknya pada hari raya Kristen Kudus Paskah.
Dalam brosur ini kita akan mengatakan seperti yang dilakukan Kebangkitan Yesus Kristus, menunjukkan hubungan antara Paskah Kristen dan Paskah Yahudi dari Perjanjian Lama, kita akan mengutip nubuatan Perjanjian Lama tentang kebangkitan Juruselamat, kami akan memberitahu makna (signifikansi) dari kebangkitan Kristus untuk kami hidup dan kehidupan seluruh umat manusia. Dalam acara akhir saat-saat kunci dari Kantor Ilahi dan kanon Paskah.
Acara Kebangkitan
Pdi sini mungkin tidak satu orang di bumi yang belum mendengar tentang kematian dan kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus. Tetapi pada waktu itu, ketika fakta-fakta kematian dan Kebangkitan begitu dikenal luas, esensi mereka spiritual dan makna batin yang muncul sebagai misteri, keadilan hikmat Tuhan dan kasih Nya yang tak terbatas. Otak manusia lebih besar, dengan impotensi condong ke arah yang tak terbayangkan misteri keselamatan. Namun demikian, buah-buahan spiritual T HAT kematian dan Kebangkitan Juruselamat dapat diakses untuk iman kita dan hati sensitif. Dan berkat kemampuan yang diberikan kepada kita untuk melihat cahaya spiritual kebenaran ilahi, kami yakin bahwa inkarnasi Anak Allah dalam kebenaran died voluntarily r iamente di kayu Salib untuk pemurnian dari dosa-dosa kita dan bangkit kembali untuk memberi kita hidup yang kekal. Keyakinan ini didasarkan pada keseluruhan konsepsi kita tentang agama.
Sekarang, meringkas, mari kita mengingat peristiwa-peristiwa utama di sekitar Kebangkitan Juruselamat. Sebagai penginjil menceritakan Tuhan kita Yesus Kristus telah mati di kayu salib pada hari Jumat, hampir tiga jam setelah makan siang, pada malam Paskah. Malam itu juga, Yusuf dari Arimatea, seorang kaya dan terhormat, bersama dengan Nikodemus t i kelas sekolah pergi tubuh itu salib Kristus, diurapi-Nya dengan zat aromatik, terlibat dengan rami (Kain Kafan), menurut tradisi Yahudi dan dikuburkan di gua batu. Gua dipotong oleh Joseph untuk dimakamkan sendiri, tetapi untuk cinta ce Yesus d i-a. Gua ini berada di taman Yusuf, dekat Golgota, di mana Kristus disalibkan. Yusuf dan Nikodemus adalah anggota Sanedrion (Yahudi Mahkamah Agung) dan pada saat yang sama murid-murid rahasia Kristus. Pintu masuk gua, di mana mereka p ultaram tubuh Yesus, ditutup dengan batu besar. penguburan itu dilakukan dengan cepat dan bukan oleh hukum, karena malam itu kami memulai perayaan Paskah.
Meskipun perayaan Sabtu pagi, para imam dan ahli Taurat pergi menghadap Pilatus dan meminta izin untuk tempat tentara Romawi untuk menjaga kubur itu. Mereka menempatkan segel di pintu masuk batu penyegel makam. Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan karena mereka ingat prediksi Yesus Kristus, q ue Dia dibangkitkan pada hari ketiga kematiannya.
Di mana Tuhan dan jiwa-Nya setelah kematiannya? Sebagai keyakinan gereja, Dia turun ke dalam neraka bersama dengan penyelamat khotbahnya dan lepas landas dari sana mereka yang percaya kepada-Nya (1 Pet. 3:19).
Pada hari ketiga setelah kematian-Nya di hari Minggu pagi, ketika masih gelap dan para penjaga berada di tempat nya disegel dalam kubur, Tuhan Yesus Kristus bangkit dari kematian. Misteri Kebangkitan, dan misteri inkarnasi - adalah inco n cebíveis. Dengan pikiran manusia rapuh, kita memahami acara ini sebagai berikut: bahwa saat jiwa Kebangkitan Anak Allah kembali ke tubuh-Nya, dan sebagai akibat tubuh itu dihidupkan kembali dan menjadi abadi, mempercepat dan spiritual. Setelah ini, Kristus yang bangkit meninggalkan gua tanpa tip batu dan tanpa melanggar segel. Para penjaga tidak melihat apa yang terjadi di gua, dan setelah Kebangkitan Kristus masih menjaga makam kosong. Kemudian gempa bumi terjadi, dan kemudian sebuah Sebuah j Tuhan turun dari langit, batu itu dari kubur dan duduk di atasnya. Dia tampak seperti kilat dan pakaian-Nya putih seperti salju. Para penjaga, ketakutan dengan Angel, dan melarikan diri.
Baik istri dari produsen mur, maupun murid-murid Kristus, tahu apa-apa tentang apa yang terjadi. Sebagai pemakaman Kristus dilakukan dengan cepat, istri-istri petani setuju bahwa mereka akan Mur ke makam pada hari setelah festival Paskah, atau pada hari Minggu dan menyelesaikan urapan d di Tubuh Juruselamat dengan rempah-rempah dan salep. Mereka juga tidak memiliki pengetahuan tentang penjaga Romawi atau segel. Ketika fajar mulai muncul, Maria Magdalena, "lain" Maria, Salome dan beberapa wanita lain dihormati dengan MIRR kuburan menuju wewangian. Sepanjang jalan, mereka tercermin bingung: "Siapa yang akan menggelinding batu dari kubur?"- karena, seperti yang dijelaskan dalam Injil, batu itu sangat besar. Yang pertama yang mendekati kubur itu Maria Magdalena. Melihat makam kosong, ia berlari kembali ke murid Petrus dan Yohanes mengatakan kepada mereka tentang hilangnya Guru tubuh. Sebentar lagi tiba di makam pembawa lainnya mur. Mereka melihat seorang pemuda berpakaian putih duduk di sisi kanan kubur, ia berkata: "Jangan khawatir, karena saya tahu bahwa Anda melihat Kristus yang disalibkan. Dia Galilea Bangkit. Ayo kirim dan Nya murid-murid bahwa mereka akan melihat Dia. " senang dengan kabar yang tidak terduga, mereka bergegas pergi ke para murid.
Namun Petrus dan Yohanes, setelah mendengar tentang apa yang terjadi pada Maria, berlari ke gua, bagaimanapun, menemukan hanya ada kain kafan dan jaringan yang berada di kepala Yesus, mereka kembali ke rumah bingung. Setelah itu Maria Magdalena kembali ke l dengan kapur penguburan Kristus dan mulai menangis. Pada saat itu dia melihat dua malaikat kubur putih, yang duduk - satu di kepala, satu di kaki, di mana kami telah berbaring tubuh Yesus. Para malaikat bertanya kepadanya: "Mengapa vo c ê menangis. " Setelah menjawab Angels, Mary berbalik dan melihat Yesus Kristus, tetapi tidak mengakui. Berpikir bahwa ini adalah tukang kebun, ia bertanya: "Tuanku, jika Anda menariknya keluar (Yesus Kristus) maka beritahu saya di mana dan saya akan menempatkan dia menangkap Anda." E n sebagai Tuhan berkata kepadanya: "Maria!". Setelah mendengar suara akrab dan memiliki berpaling kepadanya, ia mengakui Kristus dan ia berseru: "Guru" dan melemparkan diri di kakinya. Tetapi Tuhan tidak membiarkan dia menyentuh Dia, tetapi memerintahkannya untuk para murid dan mereka menceritakan tentang keajaiban Kebangkitan.
Pagi itu juga para penjaga datang kepada para imam tinggi dan mereka melaporkan tentang penampilan Malaikat dan makam kosong. Berita ini telah meninggalkan sangat terguncang para penguasa Yahudi: Mereka mengikuti Facebook firasat mengganggu mereka. Sekarang untuk mereka sebelum hal lain, maka perlu khawatir bahwa orang-orang tidak percaya pada kebangkitan Kristus. Setelah terkumpul nasihat mereka memberi uang besar kepada para prajurit dengan memesan menyebarkan dan menyebar yang rumor yang mengatakan bahwa murid-murid Yesus pada malam hari, pada waktu itu para penjaga sedang tidur, mereka mencuri tubuh-Nya. Jadi melakukan semua para penjaga, dan rumor tentang pencurian Juruselamat tubuh itu disimpan untuk waktu yang lama antara rakyat, dan bahkan saat ini disebut Dicha pria strip.
Pada hari pertama Kebangkitan-Nya, Tuhan muncul di kali untuk murid-muridnya, yang bersembunyi dalam kelompok kecil atau perorangan di beberapa tempat di Yerusalem. Menurut tradisi Gereja, Kristus pertama kali muncul untuk Bunda-Nya dan dengan demikian menghibur kesusahan ibu nya. Lalu Tuhan menampakkan diri kepada istri lain dari pengawas dari mur, mengatakan kepada mereka: "Bersukacitalah!" Mereka, pada gilirannya, dengan cepat untuk berbagi kebahagiaan dengan Rasul lainnya. Pada hari yang sama dengan Tuhan apyang peared bahkan Rasul Petrus dan dua murid - Lukas dan Kleopas dalam perjalanan mereka menuju Emaus. Pada malam hari ia tampaknya semua rasul, yang berkumpul untuk mengutuk desas-desus tentang kebangkitan-Nya. Dengan takut kepada orang Yahudi, mereka tr untuk NCAR di sebuah rumah di Yerusalem (dengan tradisi yang terjadi di ruangan di mana Perjamuan Terakhir dan di mana tujuh minggu setelah Paskah Roh Kudus turun ke atas para Rasul).
Setelah seminggu, Tuhan lagi menampakkan diri kepada para rasul, termasuk Thomas, yang tidak hadir pada penampilan pertama dari Juruselamat. Untuk menghilangkan keraguan Thomas tentang Kebangkitan-Nya, Tuhan membiarkan dia untuk menyentuh luka-Nya, dan Thomas, sekarang yakin, ia jatuh di depan kaki-Nya, berseru, "Ya Tuhanku dan Allahku!" Seperti dalam r penginjil domba jantan selama periode empat puluh hari setelah Kebangkitan-Nya, Tuhan kadang-kadang menampakkan diri kepada Rasul, berbicara dengan mereka dan memberi mereka instruksi akhir. Tepat sebelum kenaikan-Nya TUHAN menampakkan diri kepada lebih dari lima puluh orang percaya ta.
Pada hari keempat puluh setelah kebangkitan-Nya Tuhan Yesus Kristus, di hadapan para Rasul dan naik ke surga karena ia duduk di "hak" dari ayahnya. Para Rasul, didorong oleh Kebangkitan Juruselamat dan Kenaikan-Nya yang mulia, kembali ke Yerusalem untuk menunggu turunnya Roh Kudus ke atas mereka, karena ia dijanjikan Tuhan.
Hubungan antara Paskah Perjanjian Lama
dan Paskah Perjanjian Baru
Cenurut untuk mengetahui, waktu lama merupakan periode persiapan bagi orang Yahudi kedatangan Mesias. Untuk alasan ini, beberapa peristiwa dalam kehidupan orang-orang Yahudi dan terutama nubuat para nabi mengacu pada kedatangan Yesus Kristus dan kedatangan Perjanjian Baru. Perjanjian Lama, melalui kata-kata yang Rasul Paulus s Kudus adalah pembawa anak kepada Kristus dan "bayangan dari berkat masa depan" (Galatia 3:24, Ibr. 10:1).
Kejadian yang paling signifikan dalam sejarah orang Yahudi adalah pembebasan dari perbudakan Mesir di zaman Nabi Musa, 1500 tahun sebelum Kristus. Rilis ini kini dirayakan sebagai perayaan nasional Paskah Yahudi, bersama dengan kegiatan lain sehubungan dengan pembebasan dari Mesir: Kematian oleh Malaikat anak sulung Mesir dan kasih karunia anak-anak Yahudi di rumah yang dibuat tanda-tanda darah anak domba Paskah (maka kata "Easter" - "melewati;) keajaiban menyeberangi Laut Merah dan aniquilaço tentara Mesir yang mengejar Israel, dan kemudian menerima Hukum (Sepuluh Mereka mengirim dan Mahasiswa) di Gunung Sinai, orang-orang Yahudi. Itulah ketika datang Ibrani dianggap sebagai's umat Allah. Sejak saat itu, orang Yahudi merayakan Paskah dan mengikuti adat istiadat nenek moyang mereka dengan doa dan upacara simbolik menawarkan mereka, tetapi mereka dengan anak domba Paskah.
Dalam kebetulan berarti kematian dan kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus dengan perayaan Paskah Yahudi, kita harus perhatikan indikasi hubungan yang mendalam batin Allah antara dua peristiwa, tentang yang Kudus Rasul Paulus menulis panjang lebar dalam suratnya Surat Ibrani. Menghadapi peristiwa paralel berikut dua Easters.
Paskah Perjanjian Lama
Perjanjian Baru Paskah
Komitmen Corde iro Paskah keselamatan tidak ada cacat orang Israel anak sulung dengan darah-Nya (Kej. 12).
Persimpangan dari Israel di Laut Merah dan keselamatan ajaib dari perbudakan Mesir (Exo.14: 22).
Hukum di Gunung Sinai dalam 50pada hari setelah eksodus dari Mesir dan kesimpulan dari perjanjian dengan Allah (Keluaran 19).
Rasa keajaiban manna yang dikirim oleh Allah (Keluaran 16:14).
Ziarah 40 tahun di padang gurun dan berbagai-bagai pencobaan, yang menguatkan iman Israel pada Tuhan. Penempatan ular perunggu. Ibrani yang tampak aman dari gigitan ular berbisa (Bilangan 21:9).
Masuknya Yahudi ke tanah yang dijanjikan untuk yang baru-Apakah orang tua Anda.
Penyaliban Anak Domba Allah, oleh siapa Darah anak sulung dari Perjanjian Baru (Kristen) disimpan (1 Pet 1:19.).
Baptisan air dan keselamatan dari kerajaan Iblis (1 Korintus 10:1-2, lihat juga Roma 6yang ketujuh dan dalam bab).
Kedatangan Roh Kudus dari surga atas para Rasul pada 50pada hari setelah Paskah dan institusi dari Perjanjian Baru (Ato. 2).
Sat orear Roti Surgawi - Tubuh dan Darah Kristus dalam liturgi (6 JOA. yang bab.)
Cobaan dan kesulitan hidup bahwa setiap orang Kristen harus menanggung. Pembebasan dan keselamatan dari penyesalan dari ular rohani, iblis, melalui kekuatan Salib (Joa. 3:14) .
Janji langit baru dan bumi yang baru, dimana kebenaran diam (2 Pet 3:13.).
Kita bisa melihat dari perbandingan bahwa peristiwa Paskah Paskah Perjanjian Lama mengantisipasi perubahan-perubahan rohani yang besar yang akan direalisasikan dalam kehidupan manusia setelah kebangkitan Juruselamat kita. Inilah sebabnya mengapa Rasul, merayakan Paskah Perjanjian Baru menyatakan: "Kami Paskah - Kristus adalah dikorbankan untuk kita!"(1 Cor.5: 7).
Nubuat tentang
Kebangkitan Kristus
MSejumlah besar nabi Perjanjian Lama berbicara tentang Kebangkitan Mesias. Di antara mereka, orang harus membedakan mereka yang menubuatkan bahwa Mesias tidak akan hanya menjadi manusia tetapi juga Tuhan dan karena itu akan abadi dengan sifat ilahi-Nya z a. Ambil contoh, Mazmur 2, 44 dan 109; Kej 9:6; Jer.23: 5; Miq. 5:2, Mal 3:1. Juga nubuatan tentang Kerajaan Kekal dibuat, misalnya, Kej 49:10, 2 Sam 7:13, Ps 131:11, Yehezkiel 7; Dan 7:13, untuk kerajaan rohani yang kekal yang seharusnya Raja abadi.
Diantara prediksi yang benar tentang Kebangkitan Kristus, jelas menjadi Yesaya 700 tahun sebelum Kristus, yang menempati seluruh bab 53 bukunya. Nabi Yesaya, yang menulis penderitaan Kristus dengan rincian sebanyak jika dia hadir di bawah salib, ceritanya berakhir dengan kata-kata:
"Dia ditakdirkan untuk kuburan dengan orang fasik, tetapi Dia dimakamkan di sebuah kuburan seseorang yang kaya, karena ia melakukan dosa, dan tidak ada kebohongan di matanya Tapi Tuhan melihat cocok untuk mengirimkannya ke penderitaan Tapi ketika. Jiwa-Nya membawa. pengorbanan rekonsiliasi, ia akan melihat generasi masa depan akan kekal Dan Allah akan dipenuhi dengan tangan-Nya berhasil.. Dalam feat jiwanya Ia akan terlihat dengan nikmat. Melalui pengetahuan-Nya, Dia, Orang Benar, My Hamba, akan menyebabkan banyak dan membebaskan dosa-dosa mereka kepada-Nya. Jadi saya akan memberikan bagian dari besar dan Dia akan berbagi hadiah dengan kuat. "
Kata-kata terakhir dari nubuat ini berbicara langsung kepada Mesias , setelah penderitaan-Nya dan kematian keselamatan, akan dibangkitkan dan dimuliakan oleh Allah Bapa
Mengenai kebangkitan Kristus, Raja Daud juga membuat nubuatan dalam Mazmur 15, dalam nama Kristus, di mana dia mengatakan: "Aku mengatur Tuhan selalu di depan matanya, karena itu dan baca adalah ke kanan saya, tidak terputus-putus. Jadi Hatiku bergembira dan bersukacita jiwaku. Sampai Tubuhku akan istirahat aman,. Karena kamu tidak saya meninggalkan jiwa dalam tempat tinggal orang mati atau mengijinkan Anda Kudus untuk melihat korupsi. Anda mengajar saya c MY AKAR hidup, ada banyak sukacita sepanjang Engkau dan untuk-Mu abadi kelezatan yang benar "(Mzm 15:8-11 13:35. Lihat juga Kis 2:25 dan).
Dengan demikian, para nabi mendirikan umat-Nya dasar iman mengenai kedatangan Mesias dan Kebangkitan. Inilah sebabnya mengapa Rasul begitu berhasil menyebarkan iman dalam kebangkitan Kristus, di antara orang Yahudi, meskipun hambatan yang ditimbulkan oleh para pemimpin agama dari bangsa Ibrani.
Spiritual Buah
Kebangkitan Kristus
" Para yess seperti dalam Adam semua orang mati, demikian dalam Kristus semua akan hidup kembali "(1 Kor 15:22). Kata-kata dari rasul mengatakan tidak hanya tentang kebangkitan fisik orang, tetapi pertama, tentang kelahiran kembali jiwa. Sama seperti kematian terjadi pada dua cara - spiritual dan fisik, demikian juga kebangkitan - spiritual dan fisik. Kematian Adam, sebagai akibat dari kerusakan material, naik untuk semua orang. Kebangkitan Kristus muncul sebagai awal kebangkitan rohani kita, awal dari tren p iritual dalam diri kita, dan juga kelahiran kembali moral. Dengan mengacu pada hal ini kebangkitan rohani orang-orang percaya, Tuhan berkata: "Waktunya sudah datang, dan sudah ada, ketika orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup" (Yoh. 5:25).
Dalam pandangan ini , yang segera terjadi kebangkitan semua orang mati, kita harus membedakan kebangkitan sementara orang-orang yang membunuh Tuhan Yesus Kristus dan murid-murid-Nya dibangkitkan, sesuai dengan Injil dan kitab-kitab para Rasul. Sebagai contoh: kebangkitan orang putri Naira, putra janda Nain dan Lazarus, yang sudah di peti mati selama empat hari, dan lain-lain. Mereka adalah resusitasi sementara, sehingga setelah waktu tertentu dibangkitkan lagi mati, seperti semua orang. P itu rem, kebangkitan universal mati akan kekal di mana itu jiwa manusia akan bersatu selamanya dengan tubuh mereka. - Mengingat kebangkitan universal, orang benar akan bangkit dan benar berubah, memberi inspirasi dan abadi. Yang resusci pertama t ed dengan badan baru dan terinspirasi oleh Tuhan Yesus Kristus, yang Rasul menyebut "buah pertama dari mereka yang meninggal" (1 Kor 15:20). Kemudian, di Kerajaan Bapa-Nya, orang benar akan bersinar seperti matahari. Dia yang memiliki telinga, mendengar (Matius 13:43).
Partai d Paskah Kristen adalah dirayakan oleh orang Kristen Ortodoks dengan sukacita karena mereka, pada hari Minggu Paskah, lebih dari pada waktu lain, merasakan kekuatan kebangkitan Kebangkitan Kristus - yang kuat menghilangkan domain kegelapan, jiwa dibebaskan d itu neraka, membuka pintu ke surga, memenangkan obligasi kematian, kehidupan dan mencurahkan cahaya pada jiwa orang percaya. Sungguh luar biasa juga bahwa kegembiraan Paskah telah menyebar sedemikian sejumlah besar orang - bukan hanya orang-orang yang beriman sangat tetapi t yang mbém mereka jauh dari Allah. Pada Paskah seluruh dunia, dan tampaknya bahwa bahkan alam tanpa jiwa, bersukacita atas kemenangan hidup sebelum mati.
Dari Kerajinan Paskah
Nada akan lebih cerah dan bercahaya massa dari Paskah Ortodoks. Misa Paskah diawali dengan prosesi sekitar gereja dengan lilin menyala di tangan mereka dari semua yang setia dan lagu "Kebangkitan-Mu, ya Kristus Juruselamat, para malaikat bernyanyi di surga: dan Grant kepada kami di bumi untuk memuliakan-Mu dengan hati yang murni." ini kembali prosesi l embraesp prosesi perempuan yang pergi ke kuburan Juruselamat di pagi hari awal untuk mengurapi dengan mur Tubuh Suci-Nya. Setelah melewati gereja, prosesi memegang sebelum pintu tertutup dan imam utama dimulai ibadat penutup berseru "Hail Kudus, pencipta kehidupan dan tak terpisahkan Tritunggal bersatu .. .. "Lalu semua imam dan diakon (sebagai malaikat yang mengumumkan's Kebangkitan Kristus), mereka bernyanyi tiga kali:" Kristus telah bangkit dari antara orang mati, memperbaiki kematian dengan Mort dan , dan mereka yang berada dalam hidup kuburan diberikan. adalah "Lagu ini diikuti oleh para imam paduan suara:. Kemudian imam menyatakan kenabian tertua kata-kata dari mazmur" dibangkitkan dan menyebarkan nya. musuh-musuh Allah "Kata-kata akhir dari setiap ayat kemudian ke sudut s gay chorus "Kristus telah bangkit." Lalu para imam dan diakon mengulangi awal troparion: Kristus telah bangkit dari antara orang mati, perbaikan kematian dengan kematian, dan paduan suara berakhir, "dan mereka yang berada di kubur Hidup diberikan. Pada saat ini pintu s Gereja dibuka, semua orang masuk dan memulai litani besar (tagihan kecil) dengan lagu: "Tuhan, kasihanilah" dan kemudian bernyanyi dengan kanon dari Paskah: itu "Hari Kebangkitan "disusun oleh St Yohanes dari Damaskus.
Selama lagu ini, para imam berulang kali marah seluruh Pura dan membuat ucapan yang setia dengan kata-kata: "Kristus telah bangkit!" Untuk mana semua merespon dengan kekuatan: Sebenarnya bangkit "Pada akhir pagi dan membaca khotbah inspirasi St John. Chrysostom , yang dimulai dengan kata-kata: "Barangsiapa penggemar ..."
Seperti biasa "Jam" tidak membaca, mereka akan diganti dengan menyanyikan lagu-lagu pujian Paskah. Liturgi dimulai segera setelah "Zaútrinia." Alih-alih mazmur biasa, antifon yang dinyanyikan khusus (doa kecil dengan ayat-ayat) di tempat himne Tritunggal adalah dinyanyikan "Sebanyak yang telah dibaptis dalam Kristus Injil. Membaca tentang kelahiran Anak abadi dari Allah Bapa dan Keilahian Yesus Kristus, Firman Allah Joã. 1:1-17), yang Ia dibuktikan oleh-Nya. Kebangkitan yang mulia (Bila ada beberapa imam yang hadir di kantor, Injil dibaca dalam beberapa bahasa, yang berarti bahwa para Rasul berkhotbah kepada banyak negara tentang Kebangkitan, dalam bahasa asli mereka.
Bukannya lagu biasa memuliakan Perawan Maria yang dinyanyikan:
"Malaikat memproklamasikan bersukacita Mahakudus, Virgin, Murni, Dan lagi aku berkata:" Ya! Bersukacitalah Anak Anda bangkit dari kubur pada hari ketiga setelah kematian dan dibangkitkan itu tanbaan KASIH:, bersukacita! orang "
Dimuliakan, dimuliakan, Yerusalem Baru (Gereja Kristus), karena Anda telah bersinar pada Kemuliaan Allah: dan merayakan merayakan Sion (Gereja Kristus)! Dan Anda, Murni, bersukacita dalam kebangkitan-Nya yang lahir dari Mu!
Setelah dilakukan konsekrasi dari "Artos" (diberkati roti). Ini adalah roti khusus, yang diwakili kebangkitan Kristus. Menindaklanjuti surat "Artos" rusak-potong dan dibagikan di antara orang percaya untuk mengenang penampakan Kristus yang bangkit untuk para rasull Lukas dan Kleopas (yang diakui setelah dia telah melanggar roti). Pada hari pertama Paskah telur Kudus diberkati, keju dan mentega, dan juga Panettone, dengan akhir yang beriman dengan puasa. Pada hari Suci Paskah, Kristen Ortodoks s dan saling menyapa dengan persaudaraan ciuman dengan kata-kata: "Kristus telah bangkit" dan membuat pertukaran telur merah, yang melambangkan kebangkitan. Selama hari-hari Minggu Paskah, pintu tetap terbuka mezbah sebagai tanda bahwa Ressu r reição Kristus terbuka untuk semua orang pada masuk ke surga Dimulai dengan hari pertama Kudus Paskah ke Trinity Vesperal ( selama 50 hari) tidak boleh membungkuk ke tanah atau salam.
Canon Paskah
1 yangnyanyian
Heirmos : Ini adalah hari kiamat! Mari kita menjadi berseri-seri, laki-laki! Paskah! Paskah Allah! Sebab Kristus Tuhan kita membawa kita dari kematian untuk hidup dan bumi ke surga, sedangkan himne nyanyian kemenangan!
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati (sebelum troparion masing-masing).
Memurnikan perasaan kita dan kita melihat Dia, tidak dapat diakses oleh cahaya Kebangkitan, dan mendengar dengan jelas: "Bersukacitalah" sambil menyanyikan himne kemenangan.
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Langit akan bersukacita dengan martabat, alam semesta akan bahagia, dan seluruh dunia, terlihat dan tak terlihat, akan merayakan, karena Kristus, kebahagiaan abadi kita, mawar - sukacita kekal!
3 yangnyanyian
Heirmos : Ayo, mari kita minum minuman baru, yang tidak tumbuh secara ajaib dari sebuah batu tandus, tetapi dari sumber yang tidak fana - Makam Kristus, di dalam Dia kita terus (Keluaran 17:6).
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Sekarang semuanya dipenuhi dengan cahaya - langit dan bumi, dan tempat-tempat paling tersembunyi, bahwa semua ciptaan merayakan Kebangkitan Kristus dalam apa yang kita menegaskan.
Kemarin saya dikuburkan dengan Engkau, ya Kristus, dan hari ini saya meningkat dengan Anda dibangkitkan, kemarin aku disalibkan dengan Thee. Memuliakan saya. O Juruselamat, dalam kerajaan-Mu (Roma 6:3-4).
4 yangnyanyian
Heirmos : Semoga nabi ilahi Hab gula disiapkan dengan kami berjaga-jaga kami dan menunjukkan kepada kita malaikat terang mengatakan hari ini jelas keselamatan telah datang ke dunia, karena Kristus telah bangkit sebagai mahakuasa (Habakuk 2:1, Yesaya 9:6).
Paduan suara : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Kita Paskah - Kristus menyatakan dirinya sebagai laki-laki sebagai anak dari rahim Perawan. Ia disebut Anak Domba - sebagai persembahan untuk makanan - sebagai pembersih buruk dan sebagai Allah yang benar - memproklamirkan sempurna (Keluaran 12:5).
Kristus, memberkati Crown kami - seperti anak domba yang baru, secara sukarela mengorbankan diriNya untuk memurnikan semua pada Paskah, dan sekali lagi meledak, matahari megah kebenaran.
Daud, nenek moyang kita Tuhan ilahi, menari dengan sekuat sebelum Tabut Tuhan dan kita, memberkati umat Tuhan, melihat pelaksanaan prototipe mereka, sukacita ilahi, karena Kristus telah bangkit, sebagai Mahakuasa! (2 Sam 6:14.).
5 yangnyanyian
Heirmos : Mari kita berdiri di fajar dalam dan bukannya mur, menawarkan himne untuk Tuhan, dan melihat Kristus - Matahari Kebenaran, instruktur hidup bagi semua.
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Setelah melihat rahmat-Nya yang tak terbatas, ya Kristus, yang disimpan dalam rantai neraka, gembira bergegas ke cahaya, memuliakan Paskah kekal!
Dengan senter di tangan, kita menemukan Kristus, dari kubur seperti pengantin pria, dan dengan deretan Angels merayakan, merayakan Paskah Allah keselamatan.
6 yangnyanyian
Heirmos Engkau pelayananmu telah turun, ya Kristus, ke kedalaman yang tersembunyi di bumi dan menghancurkan hambatan kekal yang membuat para tawanan, dan hari ketiga, seperti Jonas kiri perut ikan paus, keluar dari kubur (Yunus 2:11).
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Setelah menyimpan meterai Perawan dengan kelahiran-Mu utuh Oh! Kristus, Engkau pelayananmu telah diangkat dari kubur tanpa melanggar segel, dan Anda membuka pintu-pintu surga.
Oh, Juruselamat saya, sebagai Tuhan, pengorbanan dihancurkan! Jika sukarela persembahan kepada Engkau Bapa, terangkat dari kubur, bangkit kembali dari Adam.
Kontakion
Terlepas dari apa yang Engkau turun ke makam, O Immortal, meskipun engkau telah menghancurkan orang-orang dari neraka, dan mengangkat kamu lagi sebagai pemenang, ya Kristus, Tuhan kami, mengatakan para wanita yang membawa mur: bersukacita! Dan memberi ketenangan kepada Rasul-Nya, dan menawarkan Kebangkitan hancur.
Ikos : Port of memuja satu mur yang diantisipasi fajar dan dicari, seperti mereka yang mencari hari, mataharinya, Satu yang sebelum matahari dan yang pernah di kubur. Dan mereka berseru satu sama lain: teman, datang, mari kita mengurapi dengan bumbu Tubuh Anda Vivifican t ee dikuburkan - Daging Itu mengangkat Adam, dan yang sekarang dalam kuburnya. Ayo, mari kita mempercepat, mari kita menyembah, dan kami akan membawa mur sebagai hadiah kepada-Nya, yaitu berbelit-belit, tapi belum terbungkus, tetapi dalam kain kafan (kain kafan). Dan kita akan menangis dan menangis, Levan t untuk Engkau, Oh! Tuhan, yang menawarkan Kebangkitan ke jatuh.
Setelah melihat kebangkitan Kristus, kami menyembah Kudus Tuhan Yesus, satu-satunya yang sempurna. Kami menghormati-Mu Cross, O! Kristus dan Kebangkitan Kudus-Nya kita memuji dan kemuliaan, karena sesungguhnya Engkau Allah kami, untuk-Mu saja kita tahu, kita memanggil nama Anda. Oh datang, setia semua, mari kita ibadah.
Kudus Kebangkitan Kristus. Melalui Salib, sukacita telah datang untuk seluruh dunia. Abadi pujian kepada Tuhan, kita memuliakan Kebangkitan-Nya. Melalui Salib, Ia menghancurkan kematian oleh kematian.(ulangi 3 kali).
Yesus, setelah bangkit dari kubur sebagaimana Dia diramalkan, telah memberikan kita hidup kekal dan rahmat yang besar. (Ulangi 3 kali).
7 yangnyanyian
Heirmos : Dia, yang menyelamatkan anak-anak dari tungku, menjadi manusia, menderita sebagai seorang manusia, dan melalui penderitaan-Nya, kematian berpakaian dengan rahmat keabadian. Satu-satunya hamba Tuhan, Maria dan Agung.
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Para wanita bijaksana dan saleh mengikuti Engkau dengan mur, tetapi mereka mencari dengan air mata yang mati, mereka menyembah dengan sukacita sebagai Allah yang hidup, dan mengatakan kepada murid-murid-Mu, O! Kristus, kabar baik dari mistik Paskah.
Kami merayakan malu kematian, kehancuran neraka, awal dari kehidupan lain, kehidupan kekal dan melompat dengan sukacita dan memuliakan Bertanggung jawab untuk semua, Allah hanya manusia, Maria dan Agung (Hosea 13:14).
Dengan kenyataan bahwa pihak yang paling suci dan tertinggi adalah malam menyimpan cahaya bersinar, pertanda cerah hari kiamat, di mana Abadi Cahaya bersinar dari makam materi, untuk semua orang.
8 yangnyanyian
Heirmos : Ini adalah hari yang dipilih, single, yang pertama dari Sabtu - hari raya perayaan dan kemenangan kemenangan; Bless hari ini kita Kristus selamanya!
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Datang pada hari kiamat mulia, kita berbagi buah kebahagiaan ilahi anggur baru, Kerajaan Kristus, memuliakan Dia sebagai Allah, selamanya.
Cast pandangan Anda, Oh! Sion, dan melihat sekitar Anda, Lihatlah, menyebar anak Anda sebagai cahaya ilahi dari utara, selatan, timur, dan laut angkat, Berkat Kristus di dalam Engkau, selamanya (Yes. 60:4).
Bapa Mahakuasa, dan Firman dan Roh - Menjadi tunggal dalam tiga unit, Yang Maha Tinggi dan Ilahi! Dalam Engkau kami telah dibaptis dan kami memuliakan Engkau selamanya.
9 yangnyanyian
Heirmos : Twinkle, twinkle, Yerusalem baru, untuk bersinar kemuliaan-Nya atas kamu, merayakan dan bersukacita sekarang, Oh! Sion. Dan kau, Ibu Murni Yesus, bersukacita bagi kebangkitan -Nya, dari Siapa Cahaya (Yesaya 60:1).
Menahan diri : Kristus telah bangkit dari antara orang mati.
Oh, betapa ilahi, manis dan indah kata-kata Anda, ya Kristus! Anda berjanji untuk bersama kami sampai akhir dunia. Setelah ini berharap dukungan, kami percaya bersukacita (Matius28:20).
Oh, Kristus O Paskah, Magnificent dan Kudus,! Kekuatan dan firman Tuhan! Memungkinkan kita untuk datang bersama-sama sepenuhnya untuk Mu di hari yang tak ada habisnya kerajaan-Mu (Kolose 5:7, 13:12).
Chorus 1: Sucikanlah, hai jiwaku, Kristus pemberi hidup, Satu yang naik dari kubur pada u 3 suatu hari.. Shine, bersinar baru, Yerusalem, Kemuliaan-Nya bagi bercahaya atas kamu, merayakan dan bersukacita sekarang, hai Sion Dan kau, Ibu Murni Yesus, bersukacita kebangkitan-Nya, Siapa yang memberi kepada Light
Chorus 2 : Sucikanlah, hai jiwaku, Kristus pemberi kehidupan, seorang yang bangkit dari kubur pada ketiga dalam hari.
Chorus 3: Kristus dalam Paskah Baru, Korban kurban hidup, Anak Domba Allah yang mengambil dosa dunia.
Troparion: Oh Tuhan, Oh Baby, Oh suara manis,! Engkau ya Kristus, yang berjanji setia untuk bersama kami sampai akhir dunia.. dan mendukung kami tegas ini dalam janji sebagai jangkar harapan, setia kita bersukacita
Chorus 4: Malaikat menangis padanya yang penuh rahmat:, Bersukacitalah Perawan murni:! Dan lagi saya katakan! Bersukacitalah Anak Anda telah bangkit dari kubur pada 3 itu dan membangkitkan orang mati., Bersukacitalah hari orang! (ulangi lagi: "Oh Tuhan, Oh Baby.")
Chorus 5: Roaring anggun, sebagai Singa Yehuda, Anda jatuh tertidur, dan Anda membangkitkan orang mati dari semua mengulang masa lalu. ( lagi: "Oh Tuhan, Oh Darling ."..).
Chorus 6: Maria Magdalena berlari ke kubur dan melihat Kristus, dan berbicara dengan dia seperti seorang tukang kebun.
Troparion"Oh, Agung dan Kudus Paskah, Kristus Oh,, Word dan Tuhan orang Kebijaksanaan dapat Izinkan dengan kesempurnaan sepenuhnya, Engkau berbagi dalam hari yang tak ada habisnya Kerajaan-Mu.
Chorus 7: Malaikat terang berbicara kepada perempuan: Hentikan air mata, karena Kristus telah bangkit.
Chorus 8 : People, bersukacita, karena Kristus telah bangkit, kematian melangkah dan membangkitkan orang mati.
Chorus 9Hari ini umat manusia semua bahagia dan bersukacita, karena Kristus telah bangkit dan Neraka telah dikalahkan.
Chorus 10Hari ini menaklukkan neraka Master dan mengangkat para tahanan zaman, yang terkunci dalam penangkaran pahit.
Chorus 11: Bersukacitalah, hai Virgin h! Bersukacitalah, hai Mahakudus! Bersukacitalah, hai mulia! Untuk Mu Anak adalah bangkit dari kubur pada ketiga itu hari. "Katabasis" Twinkle, twinkle, Yerusalem baru, untuk bersinar kemuliaan-Nya atas kamu, merayakan dan bersukacita sekarang, Oh! Sion. Dan kau, Ibu Murni Yesus, bersukacita bagi kebangkitan-Nya, Siapa yang memberi kepada Cahaya
*** *** ***
Minggu Suci
dan Paskah di Yerusalem
(Parthenius oleh biksu).
Para partai Kristen terbesar adalah dekat. Waktu suka dan duka mendekat. Kami bersukacita dengan ini, karena kita akan menerima perayaan yang paling menggembirakan Kudus Paskah di Kota Suci Yerusalem. Namun kita berduka dalam hati, untuk semua waktu untuk berangkat mendekat. Kami tinggal bersama selama enam bulan dan kita mengenal satu sama lain. Tetapi sebagian besar dari semua kami khawatir dengan saat-saat pahit ketika kita akan meninggalkan Kota Suci Yerusalem, Makam Suci Kristus dan lainnya Tempat Kudus. Kami datang ke kamar kami, makan malam, beristirahat dan kemudian pergi untuk bermalam di Gereja Kebangkitan. Pada pagi hari Selasa adalah khidmat, liturgi pagi diadakan di Makam Kristus, Uskup menjabat sebagai proto-selebran dan ada banyak komunikan pada liturgi.
Liturgi terakhir berada di Patriarkat, Patriark sendiri melayani. Pencucian kaki dilakukan sebelum Pintu Suci Gereja Kebangkitan. Ada platform dengan tiga langkah; adalah pagar sekitar (pagar) dan bar, didukung oleh kolom. Ada lilin besar pada speaker. Platform itu karpet. Di tengah itu meja gilds d ke, dan di 12 dia kursi. Pada dinding ke arah timur dan ikon digantung di depan mereka lilin terbakar, dinding ini didirikan sebuah tahta untuk membaca Injil. Ratusan tentara datang dan mereka berdiri mengelilingi takhta. Dalam Moste i ro St Abraham, candi Getsemani, di Biara Patriarkal dan Gereja Makam Suci ada kerumunan besar orang. Kami berada di Gereja Makam Suci. Kami melihat Patriark Patriarkal Biara meninggalkan dalam pakaian penuh, disertai dengan 12 uskup dan imam. Di depan mereka ada 12 anak laki-laki berpakaian sebagai anak laki-laki altar, dengan lilin dan lilin, kemudian datang para penyanyi, maka diaken dengan dupa. Lalu datanglah para imam dan diakon 7 lebih. Di belakang mereka datang Patriark, yang memberkati para orang-orang evaluasi dengan kedua tangan, kemudian datang uskup 'rizas itu "(pakaian). Setelah naik ke peron, Patriark duduk di kursinya dan memerintahkan para imam lain yang duduk di urutan. Para uskup berdiri dan mengawasi. Mencuci d kaki mulai tradisi, dan Patriark telah membaca Injil.
Dengan malam tiba, berkat dari minyak dilakukan pada semua biara-biara, dan uskup di segala tempat semua peziarah diurapi dengan minyak yang diberkati. Malam itu Gereja Makam Suci itu tidak dibuka dan dilarang bermalam di sana. Tetapi wanita yang murah hati dan Rusia Patriark meminta konsul untuk tetap berjaga di Golgota, setengah di Rusia. Patriark menghormati permintaan dan ketika sudah larut malam, mereka membuka Sagrad para gerbang s dan hanya mengizinkan Rusia untuk memasuki Gereja. Pada Golgota, menyanyikan "seluruh" kanon di Salib Yunani. Kemudian Yunani pergi tidur, dan kami Rusia pergi ke gua dimana Ratu Helena menemukan salib. Kemudian kita membaca Injil 12 Pa i cussion dan hal-hal diri untuk hari itu dan menyanyikan Akafist Salib yang terhormat.
Ketika lonceng mulai berdering untuk ibadat penutup, kami semua pergi ke Golgota, dan ibadat penutup diberi sesuai adat. Mereka membaca Injil - enam di enam Yunani dan Rusia. Para antifon dinyanyikan oleh kanon dan paduan suara, paduan suara menyanyikan di sisi kanan dan dalam bahasa Yunani di sebelah kiri di Rusia, dan kantor ilahi berlangsung selama enam jam. The "Royal Jam" dibaca dan dinyanyikan dalam bahasa Rusia (Golgota). Di pagi hari p di gereja RTAS tidak dibuka dan di dalam diam. 12 Di dalam waktu dua hari diaken dikirim ke setiap tempat suci untuk membakar dupa. Pertama dua Ortodoks diaken censed. Setelah dua diakon Armenia, menggunakan mitra model, censed. Kemudian, dua Koptik juga diaken, menggunakan mitres. Latin tidak dupa - diakon yang mengenakan pakaian yang berbeda dari semua agama lain. Setelah semua orang telah prosesi. The 01:00, mereka membuka pintu gerbang besar dari Gereja yang kudus. Orang-orang bergegas ke dalam gereja, dan ada suara di dalamnya. Semua investasi untuk mendapatkan tempat. Kami sudah menduduki kursi kami. Dalam satu menit seluruh gereja dipenuhi dengan orang-orang.
Setengah jam kemudian, tiba-tiba, dekat Makam Kristus ada suara dan orang Arab mulai menangis (menangis) dalam bahasa asing mereka, dengan sekitar 50 laki-laki memegang tangan, berdiri bahu ke bahu, mengangkat tangannya selama tiga kali untuk langit dan semua orang mulai berteriak. Mereka mulai berlari-lari d Makam Kristus dan kemudian, sekitar seluruh Gereja, mereka berlari dan berteriak sampai malam. Jadi ribuan militer Turki datang dan berjaga-jaga dekat gerbang dan menempatkan orang-orang suci-pengamat di seluruh Gereja. Patriark untuk kemudian datang dengan kemuliaan besar dan keagungan telah diterima. Vesper yang serius, tetapi mereka belum membawa epitáfions dari Golgota dalam kemungkinan gangguan. Setelah pertunjukan siang itu, orang-orang Arab kembali mereka "work''and lagi mulai berlari dan berteriak kembali bertanya. aku orang yang mengerti Rusia, apa yang mereka katakan? " Mereka mengatakan padaku bahwa mereka memuji kepercayaan ortodoks, tetapi mereka menghina agama-agama lain sebagai palsu dan jiwa-menghancurkan. Mereka datang ke Armenia dan di s ultaram, mengatakan mereka ingin untuk diri mereka sendiri menerima rahmat ilahi, namun di tempat ini, penodaan berkomitmen.
Mari saya ceritakan tentang hal itu: gerbang besar di sana, meninggalkan kolom marmer dengan celah yang mengalir dari kasih karunia ilahi yang merupakan Api Suci. Kolom ini dihormati oleh Ortodoks maupun non-Ortodoks, dan bahkan Armenia. Saya mau, menulis sedikit tentang kejadian ini, seperti Ortodoks Timur juga sepakat dalam berbicara tentang ini dan dikonfirmasi Turki m am pada diri mereka sendiri. Di dinding merupakan laminasi marmer memasukkan, dan mereka mengatakan ini kejadian besar yang tertulis di sana, tetapi kami tidak bisa membacanya karena ditulis dengan huruf dalam bahasa Arab Suriah, dan saya hanya mendengar tentang hal itu, tapi tidak dibaca. Tapi saya ncidente terjadi kurang lebih seperti ini: di saat-saat ketika orang-orang Yunani benar-benar tertindas oleh aturan Turki, beberapa Armenia kaya mengambilnya di tangannya untuk memaksa orang-orang Yunani untuk menjaga keluar dari Makam Kudus dan di luar Gereja Kebangkitan . Mereka bergabung sejumlah besar uang dan menyogok semua otoritas Yerusalem, meyakinkan orang-orang kafir bahwa Api Suci muncul bukan hanya dalam hal orang-orang Yunani, tetapi untuk semua orang Kristen, Armenia dan jika kita ada di sana, kita juga akan menerimanya! "Dan Turki yang serakah untuk uang, menerima suap dan kemudian melakukan seperti orang-orang Armenia yang diinginkan. Dengan kata lain, mengatakan bahwa Armenia diizinkan hanya untuk menerima Api Kudus. Mereka sangat bersukacita dan menulis ke tod untuk rakyatnya dan s nya benar bahwa banyak dari mereka harus pergi haji. Dan kerumunan besar dari mereka datang.. Hari Sabat Gereja mendekat. Para Armenia semua dalam mengumpulkan, dan Turki mengusir tentara Yunani miskin keluar Oh, yang sakit dan sedih z merasakan tak terlukiskan Yunani - Hanya ada penghiburan bagi mereka tentang Juruselamat, dan mereka terus keluar dari sana, dan Kudus Gates tertutup adalah untuk mereka! Semakin Armenia dalam Gereja dan Ortodoks berada di jalanan. Tomb Para Armenia s adalah bersukacita dan Yunani menangis. Para Armenia dan Yunani merayakan meratap,! Ortodoks adalah berlawanan Kudus Gates dan rombongan sekitar mereka adalah tentara Turki mencatat bahwa ada tidak melawan. dengan Patriark untuk d sisanya ada di sana dengan lilin , berharap mereka bisa setidaknya menerima Api dari Armenia melalui jendela verd. Tetapi Allah ingin mengatur hal-hal yang berbeda, dan benar-nya menyatakan doktrin dan berapi-api jari dan ia dihadapkan pada hamba ahli waris, orang Yunani rendah hati. Waktunya telah tiba , ketika api suci harus musim semi, tapi tidak ada yang terjadi,. Para Armenia ketakutan dan mulai menangis dan memohon Tuhan untuk mengirim mereka api tetapi Allah tidak mendengarkan mereka telah berlalu setengah jam untuk u lebih, dan masih ada Kudus Api. Hari itu cerah dan indah, Patriark duduk di sebelah kanan.. Tiba-tiba ada gemuruh guntur dan meninggalkan setengah dari marmer kolom retak dan mengalir melalui celah api berdiri Patriark u dan menyalakan lilin mereka dan semua orang Kristen Ortodoks menyalakan lilin dengan bapa bangsa mereka,. Maka semua bersukacita dan orang-orang Arab Ortodoks dari Yordania mulai melompat dan berteriak, "Engkau satu Allah kita, Yesus Kristus adalah Iman Sejati kita hanya orang-orang Kristen Ortodoks Dan! "mereka mulai berjalan untuk hampir semua dari Yerusalem dan banyak terbuat dari kebisingan dan sorak sorai seluruh kota Makam. Dan sampai hari ini mereka masih melakukan ini dalam memori kejadian dan mereka melompat dan berteriak berjalan sekitar Kudus , dan berdoa kepada satu Allah yang benar, Yesus Kristus, dan memberkati Iman Ortodoks.
Memperhatikan mengherankan bahwa, tentara Turki, yang sekitar berjaga-jaga terkejut dan takut. Di antara mereka, satu bernama Omir, yang berjaga di Biara St Abraham, segera datang untuk percaya kepada Kristus dan berteriak: "! Sebuah kebenaran tunggal, Tuhan, Yesus Kristus, hanya satu iman adalah benar, orang-orang Kristen Ortodoks" Dan kemudian ia melompat ke Kristen dari ketinggian lebih dari 35 kaki, kakinya mendarat di marmer padat seolah-olah pada tanah liat lunak. Dan sejak hari itu Anda bisa melihat jejak kaki seakan tenggelam di lumpur, meskipun Ortodoks belum mencoba untuk menghapus mereka melihat. Aku mereka dengan mata sendiri dan disentuh dengan tangan kami. Dan kolom dengan fisura masih menyajikan kepada para n ta tanda-tanda hangus melompat. Omir Sebagai untuk prajurit, memiliki, ia mengambil senjatanya dan masuk batu seolah-olah itu lumpur lembut dan mulai untuk memuliakan Kristus tanpa henti. Karena itu, orang Turki membantai dan membakar tubuhnya, Yunani mengumpulkan tulang-tulang mereka, menempatkan mereka di dalam sebuah kotak dan membawa mereka ke Biara dari Panagia Besar, di mana mereka (tulang) memancarkan aroma hari ini di. The Armenia belum menerima apa pun di Kudus Makam dan dibiarkan dengan Anda hanya malu. Otoritas Yerusalem dan Turki sangat muak dengan mereka dan ingin membunuh mereka semua, tetapi mereka takut kepada Sultan. Mereka hanya dihukum berat, mengatakan mereka membuat satu untuk kotoran makan, seperti meninggalkan Gereja.
Tapi sekarang, kembali ke layanan ilahi dalam Gereja Kebangkitan. Setelah menghina orang Armenia, Arab dicaci maki Latin, mengatakan mereka tidak percaya dalam kasih karunia dan mereka tidak akan menerima Api Suci dari Makam Tuhan, tetapi mereka memberikan api sendiri, Dan kami melihat anti-Kristen s tianismo mereka melalui apa yang terjadi minggu lalu. Pada bulan Juni ini Minggu Fast kami siapkan untuk persekutuan. Pada malam Lazarus Sabtu kami pergi ke malam di Kudus Makam Gereja untuk menerima Misteri Kudus prosesi. Kami ingin membaca aturan dalam persiapan untuk Kudus: Komuni. Tapi mulai Latin bagi mereka itu adalah Sabat, dan mereka akan Golgota dengan salib-Nya menunggu. Kami ingin sampai mereka berlalu, tapi kami Ortodoks orang, Rusia dan Yunani, t juga berada di Golgota untuk melihat prosesi dan ritual. e Ada banyak dari kita: tidak ada lebih dari 50 orang Yunani, dengan paduan suara 500. Tapi ada lebih dari Latin, dan bersama-sama mereka memiliki sekitar 50 tentara. Ketika mereka datang ke Golgota, primer Latin untuk pikiran bernyanyi dan membaca di tempat mereka, kemudian meninggalkan tempat kami, di mana salib Kristus. biarawan kami jatuh semua bulb dan lilin dan dibersihkan tersebut. daerah dilakukan Pada Tabel Kudus tersisa hanya shell ( c obertura) mengatakan. The Latin sempat silang di belakang kami Kudus Tabel dan mengatakan kita seharusnya menghapus: penutup. Orang Yunani menolak "Kita tidak bisa melakukan ini karena menutupi tidak pernah dihapus dan tidak diperbolehkan, tetapi Anda dapat memperpanjang Anda sendiri kain, ketika orang Latin mencoba menghapus secara paksa, menutupi Yunani tidak memungkinkan. kemudian Lalu datang Uskup Agung Latin dan scandalously dirampok di sampul Tabel Kudus itu. Ada dua konsul, satu Rusia dan satu Yunani. Segera Yunani membuat keributan dan bergegas ke lorong membawa banyak potongan kayu dapur dan mulai berjuang di Golgota. Orang-orang Yunani mengalahkan dengan tongkat, dan mendera kembali dengan lilin roman, tapi kemudian juga membawa potongan-potongan gila dan kemarahan.. Orang-orang Turki telah diinvestasikan untuk berhenti berjuang, tapi lengan dilempar keluar Kemudian mereka lari untuk menyelamatkan Makam Kudus dan Gereja Kebangkitan, karena dalam Sementara itu, sejak Minggu Palma, semuanya dihiasi dengan emas dan p rata basis. Kami tidak tahu ke mana harus berlari dan membeku dalam ketakutan. Konsul Rusia menyelamatkan manusia sendiri dan membawa mereka ke tempat yang aman ,. Sekitar 20 dari kita pergi ke Gereja Kebangkitan dan begitu takut kami tidak tahu ke mana harus pergi, atau altar atau bahkan di bawah Tabel Kudus.
Kebisingan, menjerit dan menangis terangkat ke surga, terutama pada Golgota. Semua orang Kristen dan juga terdengar alarm semua Ortodoks, Armenia, Koptik dan Latin. Para prajurit mengelilingi Makam Suci, berpegangan tangan dengan tangan mereka, mencegah pencurian apapun dan juga berada di pintu gerbang Gereja Kebangkitan. Pertempuran telah menyebar ke semua sisi gereja. Mereka mengambil Patriark Latin Golgota, adalah karena ia menyerahkan dirinya kepada orang atau dia akan terbunuh. Metropolitanyang Meletius menyarankan mereka untuk berhenti melawan ketika mereka menukas: "Tetap sebaliknya, Uskup dan kami akan mati di sini untuk iman kita, karena ada banyak di antara kita bidah. Tidak dapat melakukan apa pun uskup duduk dengan orang Turki. The kontin berjuang u atau selama lebih dari satu jam, sampai tentara Turki dan Pasha sendiri datang. Kemudian mereka memisahkan mereka satu per satu dan terkunci di penginapan. Kami, Rusia sedikit, pergi ke Gereja Bunda Allah. Para prajurit ingin menangkap kami dan juga kunci m , tapi kami mengatakan kami Moskow dan kemudian mereka meninggalkan kami sendirian. Jadi selama satu jam mereka telah dewan: Uskup Agung, para Pasha dan konsul dibahas masalah ini. Sementara itu saya berhasil untuk membaca aturan untuk persiapan Komuni Kudus. Setelah itu setiap anggota dewan di rumah. Latin lagi mulai prosesi mereka, yang berakhir di Makam Kristus. Kemudian para prajurit mengusir mereka keluar dan mereka pergi. Pintu gerbang gereja terkunci dan semua mundur. Dan lagi mereka mulai memukul "Semantra untuk ibadat penutup.
Kami memiliki Gereja ibadat penutup Kebangkitan dan Liturgi di Makam Kristus, dan saya pikir layak mengambil bagian dari misteri suci Tubuh dan Darah Kristus. Tapi Gunung Golgota berlumuran darah seluruh ibadat penutup dua pria dicuci dengan air. Tiga orang tewas. Aku belum pernah melihat teror seperti sejak hari aku dilahirkan.
Mari kita kembali lagi ke kantor Pekan Suci. Orang-orang Yahudi non-Ortodoks memberikan uang kepada para prajurit sehingga mereka memukuli orang-orang Arab yang menghina iman semua, membawa mereka pergi. Oleh karena itu orang-orang Arab semua berdarah dan berkeringat. Mereka melepaskan baju mereka yang panjang dari bahu mereka untuk berjalan setengah telanjang. Jikal Guem memukul mereka, mereka akan kasihan dan melanjutkan tugas mereka. Ketika mereka berlari di sekitar Makam Kristus dan Gereja Kebangkitan mereka terus berkata satu hal, dan kami pikir mereka akan mengatakan Tuhan adalah Satu, Yesus Kristus! Iman hanya pada rtodoxa Kristen "!" Lalu semua wilayah Ortodoks, Armenia, Koptik dan Syria, memimpin epitaphs Pertama. "mereka datang ke Golgota, kemudian ke lokasi mana dia Salib, dan memberikan setelah tiga lap sekitar Makam Kristus dan kemudian meninggalkan p yang ra daerahnya kebisingan. Jadi kita menghabiskan malam sampai fajar di tengah-tengah gencarnya. Di dalam gereja tampak seperti bazar atau pasar. Para peziarah semua tersebar di seluruh Yerusalem dan semua orang Kristen yang berbeda negara yang berkumpul di Gereja Makam Juruselamat kita Yesus Kristus.. Gereja itu penuh sesak pada semua sisi Semua orang bertanya, diinformasikan semua dalam cara yang berbeda mereka. Massa di mana-mana dan perkelahian di mana-mana karena massa rakyat. Tidak ada yang bisa dan Ntende bahasa masing-masing, dan Turki terus-menerus tersebar orang-orang.. Anda bisa mengatakan bahwa Gereja, dan dengan surga, sedang mengumpulkan bagian dalam dunia Jadi kami menghabiskan malam hingga fajar.
Kemudian mereka mulai "sentuhan kayu untuk ibadat penutup dan Arab menghentikan kebisingan. Patriark ibadat penutup dan lilin mulai dibagikan kepada seluruh Ortodoks. Semua menyanyikan "Katisma" "Berbahagialah orang yang tidak bersalah" (dalam Gereja Kebangkitan). Mereka pergi ke Golgota untuk membaca Injil. Setelah membaca Injil, membangun "Epitaph" dan membawanya ke Golgota dengan bendera dan lentera. Ada sejumlah besar pendeta, dan diakon, imam, biarawan, uskup agung, enam uskup dan Patriark, dan banyak penyanyi. Ketika mereka membawa "Epi t Áfio "dari Golgota memberikan tiga putaran mana Salib didirikan. Jadi, mereka menempatkannya di tempat di mana Yesus Kristus terbungkus kain dan diurapi dengan mur untuk dimakamkan. Ali telah melakukan khotbah besar. The "Epitaph" diletakkan di dalam kubur. Para ulama adalah r Edora Grave. Hanya mereka menyanyikan "Canon" (Kimati Thales ")" Bagus membaca doksologi, "dan Injil. Dan ayat-ayat. Semua lilin. Mereka sedang menyanyikan" Puji "dan Dan mereka selesai ibadat penutup dan Jam. Kemudian mengambil "Epi t Áfio "dan mengarah ke tempat yang selayaknya dan Turki terkunci Makam tersebut.
Setelah kerajinan, orang-orang Arab kembali tugas mereka lagi, tetapi sekarang mereka telah bertambah karena orang-orang Yerusalem, pedagang dan tua, menanggalkan serban mereka, berpegangan tangan, dan mulai berteriak dan melompat. Ketika pagi datang, mereka mulai dari lampu dan lampu dan tidak ada lampu tidak menyala. Turki membuka makam Kristus dan mematikan semua lampu. Lalu datanglah otoritas Turki dan Pasha juga dan ada tentara bersenjata di seluruh Makam Kudus. Di Gereja itu semua berubah, semua orang muram dan Arab serak dan lemah. Gereja itu luar biasa penuh sesak dan pengap orang. Di atas semua balkon itu penuh dengan dan m 4 baris. Seluruh bagian dari gereja yang padat.. Mereka semua 33 lilin di kedua tangannya, dalam ingatan zaman Kristus
Patriark pergi ke "iconostasis" utama bersama dengan Konsul, Meletius Metropolitan Trans-Yordan duduk di altar dengan sisa para uskup, semua melankolis dan putus asa. Muslim di Gereja, dengan senjata perang mereka, memberikan perintah, orang-orang Arab telah berhenti berjalan ke sana kemari, namun tetap tangan terangkat ke surga dan diucapkan gr i KASIH penyesalan itu. Kristen menangis dan mendesah terus-menerus melihat. Dan siapa yang bisa sendiri menahan air mata, melihat seperti kerumunan semua negara di dunia, menangis dan merintih dan memohon belas kasihan dari Allah Bapa? sangat gembira dengan itu , meskipun enggan, bahwa sisa orang Kristen menunjukkan rasa hormat kepada para Iman Ortodoks Yunani dan Ortodoks sendiri, dan mereka memandang ke Ortodoks seolah-olah terang matahari, karena semua orang bersedia menerima g ras Api Suci Ortodoks. The patriark Armenia pergi ke altar dengan dua uskup Koptik dan dan menyapa semua orang metropolitan saat mereka akan menerima anugerah Api Kudus, yang kami telah berjanji kepada mereka merespon. Meletius Metropolitan dengan kerendahan hati dan menyuruh mereka untuk berdoa kepada Allah pergi. Mereka ke kursi mereka. Kemudian gerbang Real ditutup dan diganti oleh orang lain dengan pass khusus.
Tidak mungkin untuk menjelaskan apa yang terjadi kemudian di Gereja. Seolah-olah semua orang sedang menunggu Kedatangan Kedua Takut Raja Surga dan kagum jatuh semua, dan Turki kehilangan harapan. Dan di dalam gereja tidak mendengar apa-apa, tapi mendesah dan erangan. Dan wajah Meletius Metropolitan dimandikan menangis. Kemudian Pasha Turki datang dengan yang thers berwenang, memasuki Makam Suci untuk memastikan tidak ada yang tetap turun di sana. Ketika mereka meninggalkan Makam tertutup, namun sebelumnya ditempatkan di dalamnya lampu besar, minyak diisi sampai penuh. Di dalam sumbu mengambang besar. Menempatkan r am lampu di tengah Makam Kristus ada. Sekarang ada orang Kristen di dekat Sanctuary, kecuali jika pihak berwenang Turki. Bagaimana dengan balconetes mereka menangkap banyak kabel menempel pada tandan lilin.
Pada 8 jam sesuai dengan waktu Rusia (14:00), kami memulai persiapan untuk prosesi dengan Palang. Para uskup, imam dan diakon, semua berpakaian jubah suci menurut mereka, masing-masing mengambil 33 lilin gelap. Dari Altar, melalui pintu kerajaan, ada 12 bendera, dan siapa saja bisa menjemput mereka . Tentara meringankan bagian itu dan penyanyi berada di belakang spanduk,. Dari bagian dalam altar pintu kerajaan datang diakon, imam, biarawan dan uskup agung, dua-dua, maka uskup dan di belakang semua, Meletius Metropolitan pergi. Mereka ke Makam Tuhan, dan memberikan tiga putaran di sekeliling-Nya bernyanyi "malaikat di surga, ya Kristus Juruselamat kita, kita memuji-Mu Kebangkitan dengan himne; kita bahwa kita ada di bumi juga, untuk memuliakan Engkau dengan murni. hati hakim"
"Ketika prosesi berakhir, semua pendeta bergegas ke altar dengan spanduk Metropolitano Meletius berdiri sendirian di pintu masuk Makam, di tangan Turki Mereka dilucuti. Dia dan. Pihak berwenang sedang memeriksa. Kemudian mereka meletakkan" Phanariot " dibuka Makam C r ini dan menggiring,. Oh apa takut dan teror datang semua yang ada di sana! Semua diam, merengek dan Bapa Tuhan bahwa Dia tidak kehilangan kasih karunia Api surgawi-Nya,. a Setelah sementara tidak yakin bagaimana kami keluar d dan kami agak takut tiba-tiba. Tapi, di dekat Makam Kristus cahaya bersinar datang. Kemudian bersama sebuah mezbah dalam terang pembukaan yang sebenarnya dari pintu. Dan cahaya mengalir seperti dua sungai api, sebuah West Side Makam Kristus dan satu di sebelah timur mezbah itu. Dan, Oh, apa sukacita dan kegembiraan di Gereja ada. Semua orang seperti mereka mabuk atau keluar untuk diri mereka sendiri, dan tidak tahu siapa mengatakan apa atau siapa yang berjalan di mana! Dan keributan besar muncul di seluruh Gereja. Semua orang berlari merah yang r, semua berteriak dengan sukacita dan syukur - kebanyakan wanita Arab:. Turki dan Muslim jatuh ke lutut dan berteriak "Allah, Allah," yang berarti "Oh Allah, Ya Tuhan, "Oh, apa yang aneh dan indah.! seluruh Gereja berubah menjadi api Tidak bisa dilihat di luar Langit dan Api. Up dan ke bawah sekitar balconetes Api Suci mengalir keluar. Selanjutnya ada asap seluruh Gereja, dan sebagian yang baik dari orang datang keluar dengan neraka dan membawanya sekitar Yerusalem untuk rumah mereka dan semua biara-biara.
Dalam Candi Agung mulai Vesper, dan kemudian Liturgi Santo Basil Agung. Metropolitan diresmikan bersama dengan para imam dan ia memerintahkan seorang diakon. Selama Liturgi orang memegang lilin. Ketika Metropolitan Trans-Jordan Makam, dan menemukan sebuah lampu minyak besar di makam Kristus, yang dikobarkan oleh dirinya sendiri, kadang-kadang ia menyala dengan sendirinya apabila misterius ia ada di sana. Namun, ia tidak pernah melihat cahaya. Di Yerusalemm , aku mendengar banyak orang dengan siapa Metropolitan itu sendiri berbicara dengan jelas tentang hal ini: "Kadang-kadang saya pergi ke sana dan sudah menyala, jadi aku mengambil cepat dan. Tapi kadang-kadang aku datang dalam dan lampu tidak terbakar, maka saya bermain di lantai t dan mimbar dan menangis dan memohon belas kasih Allah itu. Ketika saya mengangkat lampu sudah terbakar, saya menyalakan dua lilin dan balok yang dibutuhkan untuk mendistribusikan ".
Api Metropolitan mengarah ke aula dan menempatkan bundel lilin dalam hambatan logam dan mendistribusikan keluar dari Makam, melalui lubang yang dibuat untuk tujuan itu, dengan tangan kanannya ia memberi kepada Ortodoks dan Armenia kiri dan lain-lain. Orang-orang Arab Ortodoks berada di dekat antrian pembukaan. Begitu Api Metropolitan menunjukkan O menyambut, suatu milik Arab dia berjalan lurus ke altar dan di sana, melalui pintu kerajaan didistribusikan kepada masyarakat, tapi satu yang tidak bisa menyalakan lilin mereka melalui bukaan. Kemudian lagi kembali ke Makam Metropolitan Kristus dan lampu atau t ros 2 tandan lilin dan pensiun. Dudukan Arab yang kuat di pintu Makam dan menunggu. Begitu ia keluar membawa 33 lilin, orang-orang Arab mengambil tangan dan mengarah langsung ke altar. Setiap orang bergegas ke arahnya, semua yang r bermain di pakaiannya. Dan kemudian dengan susah payah mereka membawa ke altar. Mereka menempatkan dia duduk di kursi dan ia tetap duduk sepanjang Liturgi kepala miring, ia mendongak dan berkata bukan dan tidak ada kata mengganggu. Begitu mereka membawa Anda keluar dari Makam, orang-orang bergegas ke menyembah Dia. Dan saya pikir saya layak untuk melakukan hal yang sama. Makam Kristus adalah semua basah oleh hujan, tapi aku tidak bisa menemukan tempat itu berasal dari uap air itu. Di tengah-tengah makam itu lampu besar yang menyala sendiri dan memiliki api besar.
Setelah Liturgi masing-masing pergi ke tempatnya, dan mereka semua selamat satu sama lain dalam penerimaan kasih karunia Api Kudus.
Saat senja kami semua pergi untuk menghabiskan malam di Gereja Kristus di kubur dan ketika kami sampai di sana kami memiliki visi yang indah dan mulia: seluruh Gereja, terutama kubur, yang dihiasi dengan indah dengan ikon banyak dari perak dan emas dan gambar, dan di atas beberapa emas dan perak lampu, Ardend dengan kecerahan besar. Ada banyak lilin putih, namun belum menyala. Seluruh gereja penuh dengan lampu, di mana hanya ada satu, sekarang ada 10 dan saya ingin menghitung berapa banyak mereka tapi tidak bisa. Di mana-mana ada damai dan ketenangan. yang itu pintu gereja tetap dibuka sepanjang malam. Dan malam itu adalah paling bahagia dari semua, di mana pun Anda pergi, Anda dapat menemukan kebahagiaan di mana-mana. Dan sukacita ini bukan hanya Gereja Makam Suci, tetapi dengan semua di Yerusalem. Sepanjang malam orang berjalan di jalan-jalan dalam kelompok-kelompok, pada semua sisi mereka menyalakan api, dan semua biara tertutup. Turki sendiri adalah bahagia dan lembut, dan dalam kelompok untuk melihat Gereja Makam Suci.
Hanya orang Yahudi terkunci sendiri di rumah mereka, dan mereka mengambil pendekatan untuk pandangan terang kebenaran, mereka mendekam di kejahatan mereka. Latin, bagaimanapun, bahkan dengan musuh-musuh Gereja Timur, dirayakan dengan kami. Meskipun melas d dalam Gereja sekitar Makam Kristus, mereka tidak mencegah orang dari mendekati Makam tersebut. Jadi kami menghabiskan malam sampai jam 22:00. Kemudian, setengah jam sebelum tengah malam mereka mulai memanggil kita untuk ibadat penutup dengan berbagai ri t kita semua sangat serius. Patriark datang dengan seluruh jemaat dan ada upacara terbesar untuk menerimanya.
Lalu mereka mulai ibadat penutup. Canon menyanyikan "Gelombang laut, ayat lengkap dengan ayat, dengan antifon dan tropárions heirmos 14. Sang selama dua jam. Sementara itu menyalakan lilin dan lampu minyak di seluruh Gereja, dalam kubah lebih dari seribu lampu dinyalakan. Kami bhikkhu semua di atas mezbah. Kemudian P yang triarches dan metropolitan, Uskup Agung, Uskup, arcemandrites, abbas, imam dan diakon dan semua klerus Gereja, setelah memakai pakaian, sampai 12 bendera , yang dihiasi kaya, mereka disajikan oleh er tua Yunani dan merupakan Georgia. Mereka bersulam emas dengan mutiara, dan hanya membawa pada Paskah. Patriark belakang mereka membawa spanduk yang dibutuhkan tiga orang untuk membawa dia, dia hanya itu disulam dengan emas dan mewakili citra Kebangkitan Cr i sto dan manufaktur di Rusia, Moskow yang ditawarkan oleh pedagang. mereka memberikan semua putih dan menyalakan lilin dan lilin serta minyak. lampu Jadi makam itu seperti lampu api. Dari lilin besar di tangan setiap orang, setiap gereja menjadi seolah-olah dalam api dan kubah-kubah dari Gereja bersinar seperti matahari. Mereka yang mengikuti prosesi membawa Injil Salib, ikon, salib dan lilin dan meninggalkan Altar Gereja Kebangkitan, gerbang kerajaan, langsung ke Sepu l CRO Kristus bernyanyi "malaikat di surga, ya Kristus Juruselamat kita, kita memuji Kebangkitan Mu dengan himne, kami menganggap bahwa kita di bumi Engkau layak memuliakan Anda dengan hati yang murni. " Ketika mereka masuk dalam prosesi mengelilingi makam selama 3 kali, seluruh kerumunan pendeta berhenti di depan pintu Makam tersebut. Kemudian Patriark membaca Injil Matius, Kebangkitan Kristus, yang dibaca pada malam Sabtu dalam liturgi. Lalu ia kemenyan Makam Kristus. Ketika dia pergi, dia dupa sekitar d dan seluruh tempat kudus dan semua saudara. Setelah bersama dengan semua uskup ia masuk Makam Kristus, dan di sana, setelah marah, ia berseru: "kepada Santa, bersatu Tak terpisahkan Trinitas, dan sekarang dan selalu dan untuk selama-lamanya. Glory" The b Ispos berseru: "Amin" Kemudian Patriark dan semua uskup, dalam kubur, mereka menyanyikan: "Kristus telah bangkit dari antara orang mati, dan mereka yang di kuburan, Dia memberikan kehidupan." Dan mereka menyanyikan selama 3 kali. Mereka tidak bernyanyi dalam bahasa Rusia, tetapi hanya dalam bahasa Yunani, yang s Eria, "Christos anesti ek nekron, Thanatos, Thanatos, PATI, kai tis tis en mnemasi Zoen charisamenos." Kemudian paduan suara menyanyikan dan semua orang yang berada disekitar Makam Kristus menyanyikan berkali-kali.
Oh, apa sukacita sana kemudian, dan yang tidak menangis dengan sukacita melihat Makam Juruselamat mereka Yesus Kristus, sebelum matanya kosong karena Ia bangkit dari kematian! Siapa yang tidak bisa berterima kasih kepada Penciptanya Siapa yang menemukan mereka layak merayakan Paskah Kudus, kebangkitan-Nya yang mulia dari m orthos, Kota Suci Yerusalem, dekat makam sendiri dan bahwa tempat dimana misteri keselamatan kita tercapai? Apa pena atau pensil bisa menggambarkan kebahagiaan kita? Atau yang bisa menjelaskan dalam kata-kata? Bahasa apa bisa bicara s pertarungan ini? Anda dapat memahami bahwa dia merasa sukacita seperti dalam kemurnian hatinya. Bagaimana mungkin tidak bersukacita atau bahagia? Kami dikumpulkan dari empat penjuru dunia, orang-orang Kristen dari bahasa yang berbeda, semua berkumpul di gereja. Kami semua s sekitar Makam Juruselamat kita dan Kebangkitan-Nya yang mulia glorificávamos orang mati. Bahkan, segala sesuatu telah dipenuhi dengan cahaya, maka kanon Paskah datang kepada kami nyata dan jelas. Apa yang kami bernyanyi, kami menonton dengan kami yang s mata sendiri. Dan dengan itu berseru perasaan Sion: "Naikkan pandangan Anda tentang Dia, hai Sion, dan melihat dan merenungkan barat, utara dan selatan laut dan melihat cahaya seakan diterangi oleh Tuhan, untuk memiliki anak-anak mereka datang kepada-Nya, memuji Kristus p ara selalu (8 tersebut Ode, 2 di daerah tropis) .. Sesungguhnya bagi kita, suci dan layak dari semua kemenangan khidmat, dan malam ini esfusiante, penebusan dan berseri-seri, pertanda dari terang, hari terang kebangkitan dalam yang terang bersinar abadi sebagainya daging, Tumu ini untuk setiap orang.
Itu adalah Litani itu. Ketika mereka mulai bernyanyi kanon, pergi ke gereja, dan pada Makam Kristus, imam dan diakon mulai Liturgi tersebut. Di gereja menyanyikan seluruh kanon. Setelah ibadat penutup, tanpa gangguan, mereka mulai liturgi juga. Patriark diresmikan bersama dengan pendeta dengan cara yang paling megah dan khidmat. Baca Surat dalam tiga bahasa: Yunani, Slavia dan bahasa Arab. Injil itu dibacakan dalam berbagai bahasa: Slavia yang membaca tiga dan sisanya dibacakan dalam bahasa Yunani-Yunani greg itu, Latin, Turki, Georgia, Suriah, Arab, Mesir dan Abyssinian, dan mereka membaca sampai bel berbunyi. Semua selama lilin Liturgi. Dan kami pada ibadat penutup dan Liturgi di altar .. kita
Setelah selesai liturgi mulai fajar. The patriarkat Ortodoks pergi ke pintu gerbang dan di sana mereka memberi setiap orang dua telur merah, dan kemudian semua orang pergi ke rumah mereka.
Kebetulan, itu dibawa ke perhatian dari semua peziarah pada sore hari ortodoks mereka akan Gereja Patriarkal untuk Vesper. Dan jadi kami pergi ke sana. Gereja ini dihiasi dan dihiasi dengan banyak lampu dan lilin. Didistribusikan ke setiap lilin putih besar dan tinggal bersama mereka di seluruh Vesperal. Itu sangat serius. Untuk masuk c lebih hegaram dari seratus imam dan diakon di tengah orang banyak. Di depan ada tujuh diakon dengan lilin. Di belakang mereka, 12 senter dilakukan. Mereka membaca Injil yang sama yang dibaca dalam liturgi, dalam berbagai bahasa, dengan dering bel. Setelah Vesper ada makanan p pada peziarah ra. Dan kemudian membuka Gereja Makam Suci dan para peziarah pergi untuk menghormati makam - pandangan melankolis: semua menangis, mendesah, memeluk Makam Juruselamat Yesus Kristus, membasahi dengan air hangat, karena jam keberangkatan tiba. Di setiap gereja ada menangis, mendesah, khususnya wanita memancarkan suara keras dan rintihan. Dan di semua tempat suci orang tidak ingin pergi. Jadi sedih dan menyakitkan dari Yerusalem dan menjauh dari Makam Kristus.
Para Mong dan Patemius (Ageev) lahir pada tahun 1807 di Jacy, Moldavia dan nama Kristennya adalah Peter. Ini adalah seorang anak cenderung untuk membaca, khususnya buku-buku rohani yang orangtua mereka di rumah. Jiwanya sangat dipengaruhi oleh ini bahwa pada 13 ia melarikan diri ke mos t eiro berikutnya, dan hanya kembali setelah tiga bulan ketika orang tuanya pergi untuk mengambil dia.
Ketika ia masih muda ia meninggalkan Maldavia mencari sebuah biara Lama-Ritus, di mana ia bisa memberikan dirinya kepada Kristus dalam kehidupan rohani. Kecewa dengan perpecahan antara berbagai kelompok Lama-ritualis, ia mengunjungi biara Ortodoks Rusia Sarov, di mana dia bertemu masa depan St Seraphim. Setelah kembali ke Moldavia dan memiliki waktu yang dihabiskan di dua biara Old-ritualis, ia diterima ke dalam Gereja Ortodoks Rusia, The t dan memasuki Biara St Pantelemon. Setelah keliru ditangkap dan telah menghabiskan 14 bulan di Siberia (selama penganiayaan terhadap orang percaya Lama-ritualis, karena sementara itu kepala biara biara adalah Pantelemon tidak hadir; Br Parthenius telah dianiaya oleh seorang imam di Old-ritualis menyamar, dan kemudian kembali ke Gunung Athos itu. Ia disarankan oleh monitor Anda, Asenius diberkati, untuk kembali ke Rusia sebagai misionaris dari-Lama Ritualists.
Dia menghabiskan tujuh tahun dengan Uskup Kudus Athanasiu s di Tomsk, Siberia, dan ditunjuk sebagai kepala biara (lebih tinggi) Berlucov, dan kemudian ditugaskan di seluruh Sinode Kudus untuk menemukan Biara Gulitsy. Dia jatuh tertidur di dalam Tuhan pada tahun 1878 di Tritunggal Kudus - St Sergius Lavra, di mana ia sudah pensiun dan ada gundukan di sana.
Dari berbagai tulisan-tulisan Bapa Parthenius, adalah volume yang paling banyak dibaca 5:. "Laporan pengembaraan dan perjalanan melalui Rusia, Moldavia, Turki dan Tanah Suci, yang diuraikan berbagai pengalaman dan peristiwa dengan banyak tokoh penting Empat volume diterbitkan di Moskow pada tahun 1855, 5yang Archimandrite diterbitkan secara anumerta oleh Nicon, setelah seri muncul di majalah: "Membaca Utility for the Soul" antara 1899-1901. Frei Parthenius perjalanan kematian leluhur tercinta. Cerita tentang Pekan Suci dan Paskah di Yerusalem dan tentang keajaiban Kudus Api pada tahun 1846, diambil dari kedua di volume ini "pengembaraan."
Khotbah Paskah Dari
St John Chrysostom
(Uskup Agung Konstantinopel).
Ada seseorang yang taat kekasih Allah?
Biarkan mereka menikmati perayaan menakjubkan!
Apakah ada orang yang seorang hamba yang bersyukur?
Biarkan mereka datang dan berkenan pada sukacita Anda Pencipta!
Apakah ada orang bosan dengan cepat itu?
Biarkan mereka kini menerima mereka gaji s!
Jika seseorang bekerja pada satu jam pertama, biarkan mereka menerima bonus mereka!
Jika seseorang datang setelah jam ketiga, biarkan dia bergabung dengan partai dengan rasa syukur!
Dan dia yang tiba setelah jam keenam, tidak ragu, atau dia akan mempertahankan rugi.
Dan jika ada ditunda sampai jam kesembilan, biarkan dia tidak ragu-ragu, tapi biarkan dia datang juga.
Dan dia yang tiba hanya pada jam sebelas, biarkan dia tidak takut atas keterlambatan mereka.
Karena Allah penuh dengan anugerah dan menerima sama terakhir yang pertama.
Dia memberikan ketenangan bagi orang yang datang pada jam sebelas, seolah-olah dia telah bekerja sejak pertama kali.
Untuk ini Dia memberi dan ia memberi dengan yang lain.
Dia menerima pekerjaan sebanyak menyambut usaha.
Akta Dia menghormati dan niat, ia menyetujui.
Mari kita semua masuk ke dalam sukacita Allah!
Pertama dan terakhir, juga menerima pahala mereka, kaya dan miskin, bersukacita bersama-sama!
Masuk akal dan malas, merayakan hari!
Anda telah disimpan cepat, dan Anda tidak berpuasa,
bergembira hari ini banyak dengan Biro pulência!
Pesta meriah, anak sapi ini digemukkan.
Jangan biarkan orang kelaparan. Melibatkan semua secangkir iman!
Nikmati semua kekayaan kebaikan-Nya!
Jangan biarkan siapapun untuk berduka dalam kesengsaraan mereka,
Untuk kerajaan universal ini telah terungkap.
Jangan biarkan orang merengek karena ia jatuh lagi dan lagi;
karena pengampunan bangkit dari kubur.
Daun tidak ada yang takut mati, untuk Kematian Juruselamat kita telah membebaskan kita.
Dia menghancurkannya dengan memiliki itu didukung.
Dia menghancurkan neraka ketika ia turun.
Dia menaruhnya di kuburan meskipun rasanya daging-Nya.
Jesse menubuatkan hal ini ketika ia berkata,
"Kau, oh neraka, merasa terganggu ketika kita temui"
Neraka berada di gempar karena diselesaikan.
Dia berada di gempar karena dipermainkan.
Saya berada di kuburan untuk karena hancur.
Anda gempar, untuk itu dimusnahkan.
Apakah dalam kekacauan karena dia seorang tawanan.
Neraka mengambil tubuh dan menemukan Tuhan.
Butuh bumi dan langit yang dihadapi
Dia mengambil apa yang ia lihat, dan dimenangkan oleh yang belum terlihat.
Oh kematian, dimana mereka menyiksa?
Oh, neraka, dimana kemenangan Anda?
Kristus Bangkit, dan Anda Hai maut, yang dimusnahkan!
Kristus Bangkit, dan orang jahat dilemparkan ke bawah!
Kristus bangkit, dan malaikat bersukacita!
Kristus Bangkit, dan hidup ini dibebaskan!
Kristus Bangkit, dan makam kosong kematian, karena Kristus bangkit dari kematian,
Mereka datang dari-buah pertama dari mereka yang tidur.
Kepada-Nya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin!
Catatan - Catatan
Tentang Mujijat itu organisasi-kebangkitan Kristus dari antara orang mati, ada kesaksian api diberkati, yang menyala setiap tahun pada malam Paskah di Yerusalem, Kuil Kebangkitan Kristus, yang dibangun di lokasi penguburan dan kebangkitan Salvador. Asal usul api yang tak dapat dijelaskan. Ketika api diberkati datang, ia tidak terbakar dan dapat dikirimkan ke wajahnya. Hanya setelah beberapa waktu ia mendapatkan temperatur normal api. Patriark Ortodoks Yerusalem (atau penggantinya), setelah menerima api, menyalakan lilin untuk dia dan segera mendistribusikannya di antara banyak orang percaya yang berada di Bait Allah. Api diberkati menimbulkan kesan yang besar pada semua hadir dan membuat mereka bahagia. Ini juga indah untuk dicatat bahwa api diberkati turun hanya untuk yang rtodoxos Ortodoks Paskah dan selalu. Perwakilan dari agama lain, yang juga berdoa bahwa Bait Allah, tidak mendapatkan api.
Paskah Yahudi dirayakan pada tanggal 14pada hari bulan lunar Nissan. Hari ini yang selalu terjadi pada musim semi, bulan purnama. Paskah Kristen adalah erat hubungannya dengan Paskah. Konsili Pertama telah bertemu di Nicaea pada 325, menetapkan bahwa Paskah orang Kristen dirayakan pada hari Minggu, vernal equinox, serta dalam setiap hal setelah Paskah dari Yudas u s. Menurut ketetapan ini kepada dewan dan dengan perhitungan astronomi, para ulama Aleksandria mengembangkan sistem untuk menghitung Paskah Kristen setiap tahun. Jadi datang "Pascoalha," - tabel Minggu Paskah selama bertahun-tahun ke depan. Al t erações hari Paskah yang diulang setiap 532 tahun (indiction). Menurut "Pascoalha," Kristen yang Paskah terjadi sebelumnya, terjadi pada Maret 22 oleh Old Style (April 4 dengan gaya baru), dan kemudian - April 25 (gaya semut i pergi), 8 Mei (gaya baru), dengan gerakan Paskah, juga bergerak di sekitar Prapaskah Besar dan perayaan Tuhan Entry ke Yerusalem (Minggu Palem), yang datang seminggu sebelum Paskah, Kenaikan Kristus (40 di dalam hari setelah Paskah) dan Trinitas (ke-50 pada hari setelah Paskah). Menurut "Pascoalha," pada tahun 1999 Paskah pada tanggal 11 April, tahun 2000 akan terjadi pada tanggal 30 April pada 2001-15 April; 2002-5 Mei.
Kebangkitan Kristus disaksikan oleh Malaikat dan Apo stoles: Matius 28:5-7 Maret 16:5-7, Lukas. 24:4-7. 1 Kor. 15:15, Matius 28:11-15 musuh-musuh-Nya, dan yang paling penting - oleh lautan mukjizat, yang terjadi dan masih terjadi dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus.
Paskah di Rusia
Ini adalah tanggal-tanggal yang berbeda dari Paskah di Gereja Ortodoks dan agama Katolik. Gereja Ortodoks masih mengamati kalender Julian. Pada 1700, para tsar reformis, Peter Agung memutuskan kalender Gregorian untuk menggantikan ini, umumnya diadopsi di Eropa. Namun, Gereja Ortodoks tidak ingin meninggalkan tradisi dan terus merayakan Paskah oleh kalender lama. Katolik dan Protestan mengadopsi kalender Gregorian, dan karenanya timbul pembacaan yang berbeda dari tanggal.
Jadi Paskah ada tanggal tetap dan selanjutnya bervariasi tanggal puasa, Tritunggal Mahakudus, Red Mountain, Minggu Palms. Tanggal Paskah dihitung dari Pascalis, dijadwalkan meja khusus selama bertahun-tahun.
Di Rusia, Paskah datang bersama dengan Kristen, setelah Kristenisasi Rusia pada masa pemerintahan Pangeran Kiev, Vladimir.
Untuk Ortodoks, festival ini selalu peristiwa gembira dan khidmat pada saat yang sama. Pada malam pada malam Great Jumat, diberkati terkonsentrasi di sepanjang candi. Di desa-desa yang tidak ada gereja, petani berjalan bermil-mil untuk menghadiri misa di kuil di dekat Anda. Dan di kota-kota - terutama di Moskow dan St Petersburg - jalan-jalan dan bangunan telah gembira dinyalakan di kamp pada kuesioner menyala obor. Dengan gemuruh pertama bel, setiap orang percaya secara individu menyalakan lilin-nya. Ulama, memakai rambut cahaya menonjol di luar gereja, yang menunjukkan penyaliban, spanduk dan ikon. Menyanyikan paduan suara mengumumkan kebangkitan C Risto, membuka jalan untuk prosesi sekitar candi. Di Rusia, Paskah selalu ditandai dengan kegiatan amal yang luas. Terlepas dari sosial mereka, semua orang akan rumah sakit, penampungan dan penjara tua. Bahkan m onarcas Rusia mengikuti tradisi ini. Dengan kata-kata "Kristus Bangkit!" Memberi uang, pakaian dan makanan untuk orang sakit dan cacat. Tak jarang, penjahat menerima pengampunan dan pergantian kalimat karena partai besar. Baik kaya dan miskin f yang Ziama berziarah mingguan untuk biara-biara dan kuil-kuil, memberi sedekah di mana-mana. Para imam pergi dari rumah ke rumah dengan ikon, dan nyanyian mazmur-mazmur. Di desa-desa, petani, dengan imam di depan, mereka pergi ke lapangan untuk memberikan berkat bagi masa panen.
Sehari sebelumnya, di seluruh dunia, mengenakan yang terbaik dari apa yang telah mereka di lemari mereka, sedang menuju ke gereja di malam hari. liturgi berakhir dengan berkat dari Paskah (kue terbuat dari dadih manis dengan kismis), kue Paskah dan telur dicat que segera ditukar antara orang yang beriman.
Tidak hanya telur dicat ditukar ayam, bebek dan angsa, namun telur kehabisan kayu dengan gambar aneh dan ornamen. Seluruh kota-kota yang dikhususkan untuk jenis kegiatan ini, misalnya, pelukis Dewan senjata dari Moskow dan para biarawan dari biara Troitse-Serguiev, terletak 75 km dari ibu kota. Toko perhiasan yang terkenal Faberge, berasal dari Prancis, yang bekerja di Rusia, menghasilkan telur Paskah di batu mulia dansemimulia.
Unsur penting dari perayaan Paskah di Rusia adalah panggilan salam dalam nama Kristus, yaitu, mencium satu sama lain sebagai simbol cinta bagi orang-orang, keinginan terbaik dari sukacita dan penolakan kejahatan.
Aspek ritual Paskah terus up to date, hampir tanpa perubahan. Partai rakyat melengkapi perayaan keagamaan. Semua lagi setelah tujuh minggu puasa ketat diizinkan untuk makan semuanya. Selama tabel partai yang banyak, dengan anggur, vodka, permen, kue, ikan dan daging hidangan, dilarang selama periode puasa.
Komunitas game, naik dengan lagu dan tarian dan kunjungan diversifikasi partai. Di halaman itu berdiri ayunan untuk anak-anak. Setelah musim dingin yang panjang dan suram, pemuda berjalan keluar dari utama waktu kemarahan untuk berjalan di luar rumah.
Selama Paskah, banyak pergi ke kuburan untuk meninggalkan kuburan dicat telur, kue dan permen. Tradisi ini dipertahankan di Rusia hari ini.
Hari ini, ketika menonton kebangkitan nilai-nilai Kristen, perayaan Paskah mengambil arti khusus. Paskah itu dan tetap menjadi simbol kemenangan doktrin ortodoks. Dan untuk mengatakan lebih banyak, simbol persatuan nasional, prinsip-prinsip moral sejati dari masyarakat Rusia.
Yuri Godunski
=========================================================================
Pastoral Pascal
Oleh Don Alexander, Hon. Uskup
Buenos Aires dan di seluruh Amerika Selatan
Kristus Bangkit!
Sepanjang hidup kita, kita terganggu oleh sebuah paradoks yang tidak dapat dijelaskan bahkan oleh pemikir terbesar. Untuk satu hal, setiap makhluk hidup tanpa kecuali, menyebalkan hidup, pengembangan dan kebahagiaan, menjadi seorang manusia, tanaman atau mikroba terkecil.
Di sisi lain, ada penderitaan di dunia dan tindakan destruktif terpikirkan. Semua sukacita, cepat atau lambat akan dibayangi oleh kesedihan, dan setiap kehidupan pasti akan berakhir dengan kematian. Kontras dari tragedi yang paling merasakan adalah orang itu. Bahkan ketika nasib berpihak kepadanya, tidak bisa benar-benar menyingkirkan perasaan tidak nyaman yang felicid nyayang bisa untuk menghilang dan Anda tidak dapat menghindari kematian.
Wahyu Ilahi dalam Perjanjian Lama menunjuk dosa sebagai penyebab tragedi ini. Tuhan menciptakan manusia untuk keabadian, dan jika ini mungkin tidak dosa tidak ada atau penderitaan atau sakit, atau kematian. Jadi datang ke penyebabnya, penegakan diagnosis - suatu fakta yang dengan sendirinya tidak membawa bantuan kepada umat manusia.
Kebangkitan Kristus adalah rilis ini tragedi, keselamatan. Hal ini tidak hanya mengoreksi efek dari gangguan terjadi, tetapi sesuatu yang jauh lebih besar - yang sulit membayangkan dalam kepenuhan dan mengungkapkan dengan kata-kata. Kebangkitan Kristus adalah awal dari pembaharuan seluruh alam semesta. Harinya akan tiba ketika semua orang akan dibangkitkan oleh firman Allah Maha Kuasa. Ini akan terjadi suatu c iment luar biasa ketika ayah kami, ibu, kakek-nenek, saudara, kenalan, orang yang datang dari berbagai bangsa dan ras yang belum pernah mendengar - dimulai dengan orang pertama di tanah. Bahkan mereka yang tubuhnya hancur tanpa jejak - dan rguer akan mengintegrasikan orang banyak bahwa visi itu sendiri tidak mampu menjawab. Semua orang akan bangkit dalam tubuh binasa mampu keabadian menurut Pencipta desain untuk manusia. Pada hari ini oleh semua alam akan berubah, pada gilirannya, menjadi binasa. Akan menjadi langit baru dan bumi baru dimana bersemayam Kebenaran. Maka tidak akan memiliki ruang untuk rasa sakit atau penderitaan, tetapi, sendirian, sukacita abadi.
Buktikan ke kafir yang semuanya terjadi dengan cara ini - tidak mungkin. Persepsi ini akan menjadi mungkin hanya melalui iman. iman ini tidak buta karena didasarkan pada kesaksian pengalaman batin kita. Seorang pria yang memiliki iman, jelas terasa dalam dirinya kekuatan vivifying Kristus Bangkit. Hidup dengan dia adalah mutlak l utamente nyata dan langsung. Tuhan lebih dekat kepada kita daripada pakaian yang Anda kenakan atau udara yang kita hirup. Dan, meskipun seorang yang tidak percaya untuk membuktikan tidak mungkin - bagi orang Kristen di sini tidak ada bayangan keraguan. Ini adalah keuntungan dari Iman
Apa, kemudian, mengaburkan kejelasan iman kita, yang membuat jantung tertindas dengan kesedihan? Vanity, egois, banyak dosa-dosa besar dan kecil ... Tujuan dari hari raya Paskah, pertama-tama, adalah untuk memberikan kita kekuatan baru, membantu kita menyingkirkan kuk d yang bahan keprihatinan s - bahkan untuk beberapa waktu, mengantisipasi kesenangan akhirat, sebelum tahu Paradise - merasa Nya.
Mari kita, oleh karena itu, sayangku, untuk menahan kami secara lebih mendalam dan selama mungkin, Terang Kebangkitan Kristus dan merasakan sukacita hidup dengan Dia Bahwa perasaan baru untuk membantu kami membangun kembali kehidupan kita sehingga belajar untuk hidup dengan baik untuk contoh dari murid-murid Kristus. Semakin banyak Anda memiliki ketulusan asimilasi nya kita mengajar ntos - semakin kita akan merasa bebas dan menyenangkan.
Kristus telah bangkit dan kita akan meningkatkan kekuatan-Nya!
Ke atas
--------------------------------------------------------------------------------
Misionaris Leaflet # P04
Copyright (c) 2000 dan Diterbitkan oleh
Perlindungan Kudus Gereja Ortodoks Rusia
2049 Argyle Ave Los Angeles, California 90068
Editor: Alexander Uskup (Mileant)
(Pasha_p.doc, 2000/03/30)
Kotbah;
St John Chrysostom
Kapang memiliki belas kasihan dan kasih Allah, bergembira dalam hal ini dan brilian partai mulia. Siapakah hamba yang baik, antara dan bersukacita dalam kegembiraan Tuhannya. Siapa yang mengalami kelelahan puasa, sekarang mendapatkan pahala, dan yang bekerja dari awal, hari ini menerima gaji wajar. Siapa yang datang setelah jam ketiga, dengan ucapan syukur pesta. Yang datang setelah jam enam, kotak masuk dan tanpa ragu-ragu, karena tidak akan ditolak. Siapa yang ditunda sampai jam kesembilan, datang tanpa rasa takut, dan ketakutan. Yang tiba hanya pada jam sebelas, jangan takut karena keterlambatan, karena Tuhan adalah murah hati. Menyambut terakhir sebagai yang pertama; menggaji para perário jam kesebelas sebagai yang pertama, dengan misecórdia tembaga dan lain dengan rahmat-Nya. murah hati dengan satu sama lain dan dengan hibah, dia menerima bekerja dan memberkati niat, pahala kerja dan pujian yang baik akan.
Masukkan untuk semua sukacita Tuhan kita. Pertama dan terakhir, menerima hadiah, kaya dan miskin, bersukacita bersama-sama, benar dan orang berdosa, Hormatilah hari ini, orang-orang yang berpuasa dan mereka yang belum berpuasa, bersukacita satu sama lain, meja puas; satiates-v ini s akan akan, betis adalah lemak, tidak ada yang dapat menghilangkan lapar, melibatkan semua pesta iman mereka semua menerima kasih karunia kekayaan yang tidak ada malu kemiskinan, karena kerajaan universal ini telah menyatakan; menangis siapapun karena PEC nya dalam , karena pengampunan mengalir dari kubur. Jangan ada rasa takut mati satu, karena kematian Juruselamat telah menetapkan kita bebas untuk semua. penyelamat menghancurkan kematian, ketika ia menjalani, ketika dilucuti neraka ke bawah. Neraka menyentuh tubuhnya dan dimusnahkan. Hal ini menubuatkan bahwa ini Izaias, berseru: neraka adalah sedih untuk menemukan Anda, menderita seperti yang hancur, miskin dan dibenci, dieksekusi dan dibenci, menderita seperti itu ditundukkan. Dia meraih tubuh dan menemukan Tuhan, merampas tanah dan mendapati dirinya menghadapi langit. Dia mengambil apa yang ia lihat, dan jatuh dalam apa yang tidak terlihat. Di manakah kemenanganmu, Hai maut! Dimana kemenangan-Mu, kuburan O? Kristus telah bangkit dan arrazado engkaupun, Kristus telah bangkit dan setan dikalahkan, Kristus telah bangkit dan para malaikat rejubi l am ini, Kristus telah bangkit dan hidup dipulihkan, Kristus telah bangkit dan tidak lagi mati di kubur, karena Kristus melalui kebangkitan-Nya mati menjadi primata orang mati. Kepada-Nya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
Kristus telah bangkit!
Geen opmerkingen:
Een reactie posten